INTERAKSI
MANUSIA DENGAN KOMPUTER
SILABUS IMK:
1.
Dasar-dasar
IMK
2.
Faktor-faktor
IMK
3.
Ragam
dialog IMK
4.
Prinsip
dasar desain IMK
5.
Desain
dan notasi IMK
6.
Model-model
pengguna IMK
7.
Tekhnik
evaluasi IMK
Konsep Interaksi
Manusia Dan Komputer
Bidang ilmu
interaksi manusia dan computer (IMK) adalah bidang ilmu yang mempelajari
tentang mendesain,mengevaluasi dan mengimplementasi sistem computer interaktif
sehingga dapat digunakan manusia dengan mudah.
A.
Defenisi
Interaksi
Interaksi dapaat
diartikan adalah perilaku atau perbuatan yang dilakukan objek tertentu dengan
menjalin hubungan 2 arah dengan objek lainnya.
B.
Defenisi
interaksi manusia dan komputer
Hubungan 2 arah
yang dilakukan manusia dan computer untuk pencapaian tertentu dengan status
hubungan dimediasi dengan dialog yang bersifat timbal balik.
C.
Prinsip
kerja komputer
Prinsip kerja
computer terdiri dari:
-
Masukan-proses-keluaran
Masukan
dilakukan oleh manusia lewat perangkat masukan berupa huruf dan angka,yang
kemudian diolah computer dengan hasil keluaran sesuai dengan kegiatan manusia.
D.
Model
dan jenis interaksi manusia dan komputer
1). Command Line Interface
Contoh: unix,linux,dos.
2). Menu
Contoh: seluruh menu yang ada pada setiap
aplikasi pada computer
3). Natural language
Contoh: bahasa pemograman terstruktur
4). Qwestien and answer and query language
Contoh: mysql,database,interaktif,dan
lain-lain.
5). Form
Contoh: excel,acces,explorer,lotus,dan
lain-lain
6). Winamp
- windows Icon menu pointer
- windows Icon mouse pullobwn menu
Contoh: scrool
bar,fextbox,combobox,listview,table,palletes,etc.
E.
Untuk
membuat desain interface,disiplin ilmu dasar yang kita miliki adalah:
1.)
Ilmu
computer dan teknik elektronik
2.)
Psikologi
(agar sesuai dengan apa yang dimiliki seseorang)
3.)
Perancangan
grafis dan tipografi (bentuk tulisan)
4.)
Ergonomic
(bentuk)
5.)
Antropologi
(history/cerita lama)
6.)
Sosiologi
(perintah-perintah atau pertanyaan-pertanyaan yang ada dikomputer).
F.
Prinsip
utama mendesain antar muka (interface)
1). User compatibility
(complete) 7). Direct manipulation
2). Produk compatibility 8). Control
3). Task compatibility 9).
Wys Iwyg
4). Work flow compatibility 10). Responsive nees
5). Consistanly 11).
Protection (perlindungan)
6). Familiarity and simplicity
Tugas.
1.
Cari
perintah-perintah command line versi windows 7!
Jawab:
Command line
atau command prompt (executable) cmd.exe adalah command-line interpreter yang
disediakan Microsoft pada OS/2.
Daftar
perintah-perintah yang ada pada command prompt dari A-X:
A.
Addusers
adalah tambah daftar pengguna untuk/dari file csv
Assoc adalah
ubah ekstensi file asosiasi
B.
Bootcfg
adalah edit windows boot settings
Browstat adalah
dapatkan domain,info browser dan poc
C.
Cacls
adalah ubah file permissions
Call adalah
panggil satu program batch yang lain
D.
Defrag
adalah defragment hard drive
Delpof adalah
hapus profil pengguna NT
E.
Echo
adalah menampilkan pesan di layar
Endlocal adalah
akhir localization peruvahan lingkungan dalam file batch
F.
Fc
adalah bandingkan dua file
Find adalah
mencari string teks dalam sebuah file
G.
Global
adalah display keanggotaan kelompok global
Goto adalah
direct a batch program untuk melompat kebaris berlabel.
H.
Help
adalah online help
I.
Icacls
adalh ubah file dan folder permissions
If adalah
kondisional melakukan perintah
K.
Kill adalah remove program dari memori
L. Label adalah edit disk label
Logevent adalah menulis teks ke NT event
viewer
M. Mapisend adalah kirim emil dari baris pertama
MD adalah buat folder baru
N. Net adalah kelola sumber daya jaringan
Nbt stat adalah tampilkan statistik
jaringan (Netbios Over Tcp/Ip)
P. Path adalah menampilkan atau menetapkan
patch pencarian untuk file executable
Q. Qgrep adalah cari file(s) untuk baris yang
cocok dengan pola tertentu
R. Rasdial adalah mengelola koneksi RAS
Rute adalah memanipulasi table routing
jaringan
S. Sc adalah control layanan
Schtasks adalah jadwal
perintah untuk dijalankan pada waktu tertentu
T. Tasklist adalah daftar menjalankan aplikasi
dan services
Tree adalah tampilan grafis struktur
folder
U. Usrstat adalah daftar domain nama pengguna
dan terakhir login
V. Ver adalah tampilkan versi informasi
Verify adalah pastikan bahwa file sudah
disimpan
W. Where adalah menempatkan dan menampilkan file
dalam sebuah pohon directori
Whoami adalah output username saat ini
dan manajemen domain
X. Xcacls adalah ubah file dan folder
permissions
Xcopy adalah menyalin file dan folder
2.
Cari
perintah-perintah regedit versi winsows 7
Jawab:
Registry
merupakan konfigurasi system windows yang terintall dalam computer kita.
Beberapa tips
dan registry dibawah ini Cuma berlaku buat windows xp.
Sebelum
mengotak-atik resistry ada vaiknya melakukan backup terlebih dahulu
1)
Klik
tombol start>run
2)
Ketik
regedit dan tekan enter setelah berada didalam jendela run
3)
Didalm
registry editor,pilih menu file>export
4)
Setelah
export registry file muncul,masukkan nama file kebagian file name.
Misalnya; backup-registry
dan sebagainya.
5)
Tekan
tombol save.
FAKTOR-FAKTOR
IMK
Faktor Manusia (pengguna)
Tiga faktor utama sistem computer yaitu
hardware,software dan brainware.
Ketika membangun IMK aspek manusia harus
terpikirkan dengan matang tidak hanya memikirkan aspek tenis dari sistem
computer saja. Namun bagaimana manusia menangkap data/informasi,bagaimana
memproses dan mengolah data yang telah ditangkap.
Manusia dipandang sebagai sistem
pemrosesan informasi
1)
Informasi/data
ditangkap melalui sistem input-output (indra)
2)
Informasi
disimpan dalam ingatan (memori)
3)
Informasi
diolah dan diaplikasikan dalah berbagai cara.
Kapasitas
manusia dalam mengolah data/informasi memiliki reaksi yang harus diperhatikan
dalam merancang interface (tampilan) atau harus ada keragaman tampilan (umum)
agar mudah demengerti oleh banyak orang.
SALURAN
INPUT DAN OUTPUT
Indra
yang berhubungan dengan IMK adalah:
-
Indra
penglihatan
-
Indra
pendengaran
-
Indra
sentuhan
Ø Faktor indra
penglihatan
Beberapa hal yang mempengaruhi mata
menangkap data/informasi:
1.
Luminans
(luminance) yaitu penglihatan dari sebuah cahaya melebihi batas penglihatan.
2.
Kontras
yaitu tingkat kecerahan
3.
Kecerahan
4.
Sudut
dan ketajaman penglihatan
5.
Medan
penglihatan adalah aspek yang terdiri atas; tegak lurus,kiri,kanan,buta.
6.
Warna
yaitu aspek psikologis,perceptual.kongnitif,atau pengelompokan.
Ø Factor indra
pendengaran
Suara adalah salah satu elemen untuk
penyebaran informasi yang secara lengkap lewat proses pendengaran.
Manusia mampu mendengar lewat getaran
dan gelombang yang dimediasi oleh udara.
Batas pendeteksian suara oleh manusia:
20 hertz sampai dengn 20 kilo hertz.
Ø Faktor indra
sentuhan
Kulit adalah indra yang dimiliki manusia
yang berfungsi untuk mengenah lingkungan dan sentuhan.
Sentuhan dikaitkan dalam bentuk media input maupun output
Feedback sentuhan tidak dijadikan sebagai
aspek penyaji dan pengolahan informasi
tetapi lebih sebagai perangkat pendukung
Elemen yang digunakan manusia dalam
menginput dan output adalah memory manusia.
Digunakan sebagai tempat penyimpanan
informasi dan dpat disajikan dalam bentuk ingatan.
Ada tiga jenis atau fungsi memori
yaitu:
1).
Tempat penyaringan (sensor)
2).
Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek)
3).
Tempat memproses ingatan (memori jangka panjang)
Sensor memori yaitu iconic,echoic,haptic
yaitu perhatian ke memori jangka pendek.
Sedangkan pengulangannya yaitu ke memori
jangka panjang.
·
Iconic
adalah menerima rangsnagan penglihatan
·
Echoic
adalah menerima rangsangan pendengaran
·
Haptic
adalah menerima rangsangan sentuhan
RAGAM DIALOG IMK
Ragam dialog IMK adalah proses
pertukaran komunikasi antara satu atau lebih dalam pemgambilan kaidan informasi
dalam user dan sistem computer.
Tujuan
ragam dialog adalah untuk menyajikan dan mendiskusikan berbagai teknik
dialog,yang ada dan untuk mengidentifiksikan beberapa kekuatan dan kelemahan
dari setiap teknik dialog yang akan disajikan.
Ada beberapa karakteristik umum ragam
dialog raitu:
1). Konsisten
Yaitu sistemyang konsisten akan
mendorong pengembangan mentalitas dengan memberikan petunjuk kepada pengguna
untuk mengekstrapolasi pengetahuan yang ia miliki untuk memahami perintah yang baru lengkap
dengan pilihan yang ada.
2). Umpan balik
3). Observabilitas
Yaitu sistem dikatakan mempunyai sifat
observabilitas apabila sistem itu berfungsi secara benar dan Nampak sederhana bagi pengguna.
4). Kontrolabilitas
Yaitu sistem yang selalu dalam control
user
5). Efesiensi
Yaitu sebuah sistem akan menjadi
penting,ketika mereka mempengaruhi pada sebuah waktu tanggapan/untuk memajukan penampilan sebuah
sistem
6). Keseimbangan
Yaitu strategi yang diambil dalam
perancangan sistem manusia computer haruslah dapat membagi-bagi pekerjaan
antara manusia dan komputer seoptimal mungkin.
Ada beberapa sifat ragam dialog yaitu:
1)
Inisiatif
2)
Keleluwesan
yaitu member kempatan pada pengguna untuk costumizing sistem
3)
Kompleksitas
4)
Kekuatan,contoh;
pengguan ahli memberikan respon positif terhadap perintah-perintah yang
powerfull
5)
Beban
informasi yaitu penyampaian informs dalam dialog yang sesuai dengan kebutuhan
pengguna
Kategori Ragam Dialog
1)
Dialog
berbasis perintah tunggal
Yaitu perintah-perintah tunggal yang
dioperasikan tergantung demgam sistem operasi computer yang dipakai.
2)
Dialog
berbasis bahasa pemograman
Yaitu ragam dialog yang kemungkinan user
untuk memerintahkan beberapa jumlah perintah ke dalam suatu database/berkas
yang disebut deng batch file.
3)
Antar
muka berbasis bahasa alami
4)
Sistem
menu
Yaitu dialog yang menampilkan daftar
sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas.
5)
Antar
muka berbasis Icon
Yaitu dialig yang menggunkan simbol atau
tanda untuk menunjukkan suatu pilihan aktivitas tertentu.
6)
Sistem
penjendelaan
Yaitu sistem antarmuka yang memungkinkan
pengguna untuk menampiilkan berbagai informasi pada saatu atau lebih jendela
(window)
7)
Manipulasi
langsung
Yaitu penyajian langsung aktifitas
kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh computer ketika
pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar computer.
8)
Antarmuka
berbasis interaksi grafis
Yaitu dialog berbentuk pesan atau
informasi pada suatu gambar atau link yang tampilketika pengguna melakukan
suatu aktifitas.
RAGAM DIALOG
ANTARMUKA BERBASIS TUNGGAL DAN ALAMI
1.
Perintah
tunggal
Command line untuk aplikasi command
prompt (cmd) pada windows.
a.
Mengaktifkan
aplikasi command prompt (cmd)
-


Program run klik start run
ketik cmd oke



-


Dari tombol start+all program accessories command prompt



-
Dari
aplikasi pencarian: windows+R ketik
cmd
b.
Peintah
masuk ke director/drive;cd
c.
Melihat
isi director/drive;dir
d.
Menampilkan
isi directori berdasarkan tipe data tertentu.
e.
Menghapus
file dan folder; del atau rd
f.
Membuat
folder barj;MK dir nama folder
g.
Mengubah
nama file dan foldr;REN
h.
Memindahkan
file; MOVE
i.
Menduplikat
file; COPY
2.
Perintah alami
Antarmuka perintah alami pada perintah sql
(structured query language)
Perintah sql adalah bahasa pemograman untuk mengolah sistem basis data
seluruh perintah,bahasa ini menggunakan interface natural language.
a.
Perintah
membuat database baru CREATE DATABASE nama_database;
b.
Memiliki
database yang digunakan USE nama_database;
c.
Menampilkan
seluruh database yang ada pada server SHOW DATABASE;
d.
Membuat
table baru CREATE TABLE nama_tabel (“kolom1”,”kolom 2”,”kolom 3”,”kolom-n”)
e.
Melihat
struktur table Desk nama-tabel; atau DESCRIBE nama-tabel;
f.
Melihat
isi table; SELECT *FROM nama-tabel;
g.
Memasukkan
data kedalam table INSERT INTO Nama_tabel (kolom 1,kkolom n)
VALUE (“Data 1”,”Data n”).
RAGAM DIALOG
Ø Dialog berbasis
form
Jenis ragam dialog ini sering digunakan
manusia pada saat berinteraksi dengan computer,seperti pada saat menampilkan
data,memasukkan data,dan memprose data.
Form/barang yang berbasis grafis
memiliki beberapa komponen antara lain:
1)
Label
yaitu berfungsi untuk memberikan keterangan terhadap beberapa komponen yang ada
pada form.
2)
Textbox
yaitu komponen yang berfungsi sebagai tempat memasukkan data atau menampilkan
data.
3)
Combobox
yaitu komponen yang berfungsi untuk menampilkan data tunggal dari banyak
pilihan data yang ada.
4)
List
box yaitu komponen yang digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang
tersedia yang dapat dipilih oleh pengguna.
5)
Spin
box yaitu komponen yang digunakan untuk menampilkan data bertipe numeric dengan
menambahkan dan mengurnagkan nilai tertentu.
6)
Check
box yaitu komponen yang digunakan untuk menampilkan data pilihan yang dapat di
pillih lebih dari satu jenis data.
7)
Racho
button yaitu komponen yang digunakan untuk jenis data pilihan yang hanya dapat
dipilih satu jenis data saja.
8)
Scrollbar
yaitu komponen yang digunakan untuk menggeser tampilan formatau data,kbkaik
secara vertical maupun horizontal.
0 komentar:
Posting Komentar