topbella

Senin, 30 Mei 2016

Interaksi Manusia dan Komputer

INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER
SILABUS  IMK:
1.      Dasar-dasar IMK
2.      Faktor-faktor IMK
3.      Ragam dialog IMK
4.      Prinsip dasar desain IMK
5.      Desain dan notasi IMK
6.      Model-model pengguna IMK
7.      Tekhnik evaluasi IMK


Konsep Interaksi Manusia Dan Komputer
Bidang ilmu interaksi manusia dan computer (IMK) adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang mendesain,mengevaluasi dan mengimplementasi sistem computer interaktif sehingga dapat digunakan manusia dengan mudah.
A.    Defenisi Interaksi
Interaksi dapaat diartikan adalah perilaku atau perbuatan yang dilakukan objek tertentu dengan menjalin hubungan 2 arah dengan objek lainnya.
B.     Defenisi interaksi manusia dan komputer
Hubungan 2 arah yang dilakukan manusia dan computer untuk pencapaian tertentu dengan status hubungan dimediasi dengan dialog yang bersifat timbal balik.
C.     Prinsip kerja komputer
Prinsip kerja computer terdiri dari:
-          Masukan-proses-keluaran
Masukan dilakukan oleh manusia lewat perangkat masukan berupa huruf dan angka,yang kemudian diolah computer dengan hasil keluaran sesuai dengan kegiatan manusia.
D.    Model dan jenis interaksi manusia dan komputer
1).  Command Line Interface
      Contoh: unix,linux,dos.
2).  Menu
      Contoh: seluruh menu yang ada pada setiap aplikasi pada computer
3).  Natural language
      Contoh: bahasa pemograman terstruktur
4).  Qwestien and answer and query language
      Contoh: mysql,database,interaktif,dan lain-lain.
5).  Form
      Contoh: excel,acces,explorer,lotus,dan lain-lain
6).  Winamp
       - windows Icon menu pointer
       - windows Icon mouse pullobwn menu
      Contoh: scrool bar,fextbox,combobox,listview,table,palletes,etc.

E.     Untuk membuat desain interface,disiplin ilmu dasar yang kita miliki adalah:
1.)    Ilmu computer dan teknik elektronik
2.)    Psikologi (agar sesuai dengan apa yang dimiliki seseorang)
3.)    Perancangan grafis dan tipografi (bentuk tulisan)
4.)    Ergonomic (bentuk)
5.)    Antropologi (history/cerita lama)
6.)    Sosiologi (perintah-perintah atau pertanyaan-pertanyaan yang ada dikomputer).
F.      Prinsip utama mendesain antar muka (interface)
1). User compatibility (complete)       7).  Direct manipulation
2).  Produk compatibility                    8).  Control
3).  Task compatibility                        9).  Wys Iwyg
4).  Work flow compatibility              10). Responsive nees
5).  Consistanly                                   11). Protection (perlindungan)
6).  Familiarity and simplicity

Tugas.
1.      Cari perintah-perintah command line versi windows 7!
Jawab:
Command line atau command prompt (executable) cmd.exe adalah command-line interpreter yang disediakan Microsoft pada OS/2.
Daftar perintah-perintah yang ada pada command prompt dari A-X:
A.    Addusers adalah tambah daftar pengguna untuk/dari file csv
Assoc adalah ubah ekstensi file asosiasi
B.     Bootcfg adalah edit windows boot settings
Browstat adalah dapatkan domain,info browser dan poc
C.     Cacls adalah ubah file permissions
Call adalah panggil satu program batch yang lain
D.    Defrag adalah defragment hard drive
Delpof adalah hapus profil pengguna NT
E.     Echo adalah menampilkan pesan di layar
Endlocal adalah akhir localization peruvahan lingkungan dalam file batch
F.      Fc adalah bandingkan dua file
Find adalah mencari string teks dalam sebuah file
G.    Global adalah display keanggotaan kelompok global
Goto adalah direct a batch program untuk melompat kebaris berlabel.
H.    Help adalah online help
I.       Icacls adalh ubah file dan folder permissions
If adalah kondisional melakukan perintah
            K.   Kill adalah remove program dari memori
            L.   Label adalah edit disk label
                   Logevent adalah menulis teks ke NT event viewer
            M.  Mapisend adalah kirim emil dari baris pertama
                   MD adalah buat folder baru
            N.  Net adalah kelola sumber daya jaringan  
                  Nbt stat adalah tampilkan statistik jaringan (Netbios Over Tcp/Ip)
            P.   Path adalah menampilkan atau menetapkan patch pencarian untuk file executable
            Q.   Qgrep adalah cari file(s) untuk baris yang cocok dengan pola tertentu
            R.   Rasdial adalah mengelola koneksi RAS
                   Rute adalah memanipulasi table routing jaringan
            S.    Sc adalah control layanan
                   Schtasks adalah jadwal perintah untuk dijalankan pada waktu tertentu
            T.    Tasklist adalah daftar menjalankan aplikasi dan  services
                   Tree adalah tampilan grafis struktur folder
            U.   Usrstat adalah daftar domain nama pengguna dan terakhir login
            V.   Ver adalah tampilkan versi informasi
                   Verify adalah pastikan bahwa file sudah disimpan
            W.  Where adalah menempatkan dan menampilkan file dalam sebuah pohon directori
                   Whoami adalah output username saat ini dan manajemen domain
            X.  Xcacls adalah ubah file dan folder permissions
                  Xcopy adalah menyalin file dan folder
2.      Cari perintah-perintah regedit versi winsows 7
Jawab:
Registry merupakan konfigurasi system windows yang terintall dalam computer kita.
Beberapa tips dan registry dibawah ini Cuma berlaku buat windows xp.
Sebelum mengotak-atik resistry ada vaiknya melakukan backup terlebih dahulu
1)      Klik tombol start>run
2)      Ketik regedit dan tekan enter setelah berada didalam jendela run
3)      Didalm registry editor,pilih menu file>export
4)      Setelah export registry file muncul,masukkan nama file kebagian file name.
Misalnya; backup-registry dan sebagainya.
5)      Tekan tombol save.

FAKTOR-FAKTOR IMK
Faktor Manusia (pengguna)
Tiga faktor utama sistem computer yaitu hardware,software dan brainware.
Ketika membangun IMK aspek manusia harus terpikirkan dengan matang tidak hanya memikirkan aspek tenis dari sistem computer saja. Namun bagaimana manusia menangkap data/informasi,bagaimana memproses dan mengolah data yang telah ditangkap.
Manusia dipandang sebagai sistem pemrosesan informasi
1)      Informasi/data ditangkap melalui sistem input-output (indra)
2)      Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
3)      Informasi diolah dan diaplikasikan dalah berbagai cara.
Kapasitas manusia dalam mengolah data/informasi memiliki reaksi yang harus diperhatikan dalam merancang interface (tampilan) atau harus ada keragaman tampilan (umum) agar mudah demengerti oleh banyak orang.

SALURAN INPUT  DAN OUTPUT
Indra yang berhubungan dengan IMK adalah:
-          Indra penglihatan
-          Indra pendengaran
-          Indra sentuhan

Ø  Faktor indra penglihatan
Beberapa hal yang mempengaruhi mata menangkap data/informasi:
1.      Luminans (luminance) yaitu penglihatan dari sebuah cahaya melebihi batas penglihatan.
2.      Kontras yaitu tingkat kecerahan
3.      Kecerahan
4.      Sudut dan ketajaman penglihatan
5.      Medan penglihatan adalah aspek yang terdiri atas; tegak lurus,kiri,kanan,buta.
6.      Warna yaitu aspek psikologis,perceptual.kongnitif,atau pengelompokan.
Ø  Factor indra pendengaran
Suara adalah salah satu elemen untuk penyebaran informasi yang secara lengkap lewat proses pendengaran.
Manusia mampu mendengar lewat getaran dan gelombang yang dimediasi oleh udara.
Batas pendeteksian suara oleh manusia: 20 hertz sampai dengn 20 kilo hertz.
Ø  Faktor indra sentuhan
Kulit adalah indra yang dimiliki manusia yang berfungsi untuk mengenah lingkungan dan sentuhan.
              Sentuhan dikaitkan dalam bentuk media input maupun output
 Feedback sentuhan tidak dijadikan sebagai aspek penyaji dan pengolahan informasi      tetapi lebih sebagai perangkat pendukung
Elemen yang digunakan manusia dalam menginput dan output adalah memory manusia.
Digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi dan dpat disajikan dalam bentuk ingatan.
            Ada tiga jenis atau fungsi memori yaitu:
1).  Tempat penyaringan (sensor)
2).  Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek)
3).  Tempat memproses ingatan (memori jangka panjang)
Sensor memori yaitu iconic,echoic,haptic yaitu perhatian ke memori jangka pendek.
Sedangkan pengulangannya yaitu ke memori jangka panjang.
·         Iconic adalah menerima rangsnagan penglihatan
·         Echoic adalah menerima rangsangan pendengaran
·         Haptic adalah menerima rangsangan sentuhan

RAGAM DIALOG IMK

        Ragam dialog IMK adalah proses pertukaran komunikasi antara satu atau lebih dalam pemgambilan kaidan informasi dalam user dan sistem computer.
Tujuan ragam dialog adalah untuk menyajikan dan mendiskusikan berbagai teknik dialog,yang ada dan untuk mengidentifiksikan beberapa kekuatan dan kelemahan dari setiap teknik dialog yang akan disajikan.

        Ada beberapa karakteristik umum ragam dialog raitu:
1).  Konsisten
         Yaitu sistemyang konsisten akan mendorong pengembangan mentalitas dengan memberikan petunjuk kepada pengguna untuk mengekstrapolasi pengetahuan yang ia miliki  untuk memahami perintah yang baru lengkap dengan pilihan yang ada.
2).  Umpan balik
3).  Observabilitas
Yaitu sistem dikatakan mempunyai sifat observabilitas apabila sistem itu berfungsi secara  benar dan Nampak sederhana bagi pengguna.
4).  Kontrolabilitas
       Yaitu sistem yang selalu dalam control user
5).  Efesiensi
Yaitu sebuah sistem akan menjadi penting,ketika mereka mempengaruhi pada sebuah waktu   tanggapan/untuk memajukan penampilan sebuah sistem
6).  Keseimbangan
Yaitu strategi yang diambil dalam perancangan sistem manusia computer haruslah dapat membagi-bagi pekerjaan antara manusia dan komputer seoptimal mungkin.
      Ada beberapa sifat ragam dialog yaitu:
1)      Inisiatif
2)      Keleluwesan yaitu member kempatan pada pengguna untuk costumizing sistem
3)      Kompleksitas
4)      Kekuatan,contoh; pengguan ahli memberikan respon positif terhadap perintah-perintah yang powerfull
5)      Beban informasi yaitu penyampaian informs dalam dialog yang sesuai dengan kebutuhan pengguna

Kategori Ragam Dialog
1)      Dialog berbasis perintah tunggal
Yaitu perintah-perintah tunggal yang dioperasikan tergantung demgam sistem operasi computer yang dipakai.
2)      Dialog berbasis bahasa pemograman
Yaitu ragam dialog yang kemungkinan user untuk memerintahkan beberapa jumlah perintah ke dalam suatu database/berkas yang disebut deng batch file.
3)      Antar muka berbasis bahasa alami
4)      Sistem menu
Yaitu dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas.
5)      Antar muka berbasis Icon
Yaitu dialig yang menggunkan simbol atau tanda untuk menunjukkan suatu pilihan aktivitas tertentu.
6)      Sistem penjendelaan
Yaitu sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampiilkan berbagai informasi pada saatu atau lebih jendela (window)
7)      Manipulasi langsung
Yaitu penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh computer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar computer.
8)      Antarmuka berbasis interaksi grafis
Yaitu dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampilketika pengguna melakukan suatu aktifitas.

RAGAM DIALOG ANTARMUKA BERBASIS TUNGGAL DAN ALAMI

1.      Perintah tunggal
Command line untuk aplikasi command prompt (cmd) pada windows.
a.       Mengaktifkan aplikasi command prompt (cmd)
-          Program run klik start        run      ketik cmd      oke
-          Dari tombol start+all program     accessories     command prompt
-          Dari aplikasi pencarian: windows+R      ketik cmd
b.      Peintah masuk ke director/drive;cd
c.       Melihat isi director/drive;dir
d.      Menampilkan isi directori berdasarkan tipe data tertentu.
e.       Menghapus file dan folder; del atau rd
f.       Membuat folder barj;MK dir nama folder
g.      Mengubah nama file dan foldr;REN
h.      Memindahkan file; MOVE
i.        Menduplikat file; COPY
2.   Perintah alami
       Antarmuka perintah alami pada perintah sql (structured query language)
      Perintah sql adalah bahasa pemograman untuk mengolah sistem basis data seluruh perintah,bahasa ini menggunakan interface natural language.
a.       Perintah membuat database baru CREATE DATABASE nama_database;
b.      Memiliki database yang digunakan USE nama_database;
c.       Menampilkan seluruh database yang ada pada server SHOW DATABASE;
d.      Membuat table baru CREATE TABLE nama_tabel (“kolom1”,”kolom 2”,”kolom 3”,”kolom-n”)
e.       Melihat struktur table Desk nama-tabel; atau DESCRIBE nama-tabel;
f.       Melihat isi table; SELECT *FROM nama-tabel;
g.      Memasukkan data kedalam table INSERT INTO Nama_tabel (kolom 1,kkolom n)
VALUE (“Data 1”,”Data n”).

RAGAM DIALOG
Ø  Dialog berbasis form
Jenis ragam dialog ini sering digunakan manusia pada saat berinteraksi dengan computer,seperti pada saat menampilkan data,memasukkan data,dan memprose data.
Form/barang yang berbasis grafis memiliki beberapa komponen antara lain:           
1)      Label yaitu berfungsi untuk memberikan keterangan terhadap beberapa komponen yang ada pada form.
2)      Textbox yaitu komponen yang berfungsi sebagai tempat memasukkan data atau menampilkan data.
3)      Combobox yaitu komponen yang berfungsi untuk menampilkan data tunggal dari banyak pilihan data yang ada.
4)      List box yaitu komponen yang digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia yang dapat dipilih oleh pengguna.
5)      Spin box yaitu komponen yang digunakan untuk menampilkan data bertipe numeric dengan menambahkan dan mengurnagkan nilai tertentu.
6)      Check box yaitu komponen yang digunakan untuk menampilkan data pilihan yang dapat di pillih lebih dari satu jenis data.
7)      Racho button yaitu komponen yang digunakan untuk jenis data pilihan yang hanya dapat dipilih satu jenis data saja.
8)      Scrollbar yaitu komponen yang digunakan untuk menggeser tampilan formatau data,kbkaik secara vertical maupun horizontal.

   



















0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Marta Octiviani.com
Lihat profil lengkapku